Google Translate

Sabtu, 26 Maret 2011

Bermasyarakat di Masyarakat Baru

Terkadang kita kesulitan untuk bermasyarakat di tempat baru. Bahkan ada beberapa dari kita yang masih sulit untuk bermasyarakat padahal dia adalah orang asli masyarakat tersebut. Nah admin akan memberikan beberapa tips :

1. Diterima
Diterima di sini maksudnya adalah diterima dalam masyarakat baru tersebut. Beberapa orang terkadang langsung ingin diterima ataupun dipercaya di dalam masyarakat baru. Baru pindah rumah, eh langsung mau jadi kepala desa di tempat itu. Tentu saja sulit untuk terpilih.
Tipsnya adalah jadilah sama. Jangan terlalu berbeda dengan yang lain. Kalau suatu kelompok gemar memakai pakaian serba hitam, ikutilah dulu. Jangan anda pakai baju hijau, celana kuning, sepatu putih, dan topi pink. Orang-orang biasanya akan tetap kukuh mempertahankan kebudayaan yang selama ini dianutnya.
Jadi, jangan terlalu berbeda dengan yang lain. Jadilah sama. Lalu anda akan dengan mudah diterima dalam kelompok baru anda.

2. Disukai
Tahap berikutnya adalah disukai. Setelah keberadaan anda dalam suatu kelompok dapat diterima, cobalah untuk menjadi pribadi yang disukai di kelompok tersebut.
Tipsnya adalah pujilah. Ingatkah anda kapan terakhir kali anda dipuji pasangan anda ? Kapan terakhir kali anda dipuji orang tua ataupun anak anda ? Indonesia kekurangan kasih sayang. Kenapa anda tidak mencoba memuji orang-orang dalam kelompok anda ?
Memang ada beberapa pribadi yang sulit dipuji karena tidak memiliki kualitas untuk dipuji. Tapi cobalah puji. Apa saja. “Oh bapak, bunga di bajunya bagus sekali” Pokoknya pujilah apa saja.

3. Dipercaya
Selanjutnya tempat yang paling mulia dalam masyarakat adalah menjadi pribadi yang diberi kepercayaan oleh orang-orang di sekitar anda.
Tipsnya adalah lakukan sesuatu hal baik kecil namun berulang-ulang. Walaupun yang anda lakukan adalah hal kecil, namun apabila itu sesuatu yang baik, anda akan memiliki nama besar di depan orang-orang di kelompok anda.
Jadi, lakukanlah hal baik, sekarang juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar