Google Translate

Minggu, 10 Juli 2011

Tips Hemat dengan Cara Membedakan Keinginan dan Kebutuhan

Mungkin judul ini sudah sangat umum dan sangat sering kita dengar dalam dunia perkonomian, tapi percayalah ini sangat bermanfaat dan mungkin saja ini berbeda dari yang pernah anda baca sebelumnya.

Di dunia yang seperti sekarang ini, tentulah sangat sulit untuk bertahan hidup, khususnya di daerah-daerah tertentu yang ekonominya keras. Untuk itulah kita harus bisa berhemat agar semua kebutuhan dapat tercukupi secara seimbang.

Tips dari saya, bedakan antara keinginan dan kebutuhan.

Begini caranya :

Apabila ada benda yang saat pertama kita lihat, kita langsung memikirkan keindahan benda tersebut, maka itu adalah keinginan.

Namun bila ada benda yang saat pertama kita lihat, kita langsung memikirkan kegunaan benda tersebut, maka itu adalah kebutuhan.

Contohnya saat anda melihat sebuah baju di suatu distro, dan anda langsung tertarik dengan satu baju karena memiliki warna mencolok dan gambarnya yang sangat bagus, itu berarti anda sedang ingin baju tersebut dan bukan butuh. Kecuali kalau anda memang sudah merencanakn untuk membali baju, maka tidak ada salahnya anda membeli baju tersebut.

Memang ada kalanya anda menginginkan sesuatu yang indah dan bukan hanya mementingkan kebutuhan, tapi ingatlah untuk berhemat agar kita tetap bisa memenuhi semua kebutuhan kita secara seimbang, termasuk keinginan-keinginan di luar kebutuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar