Google Translate

Jumat, 03 Agustus 2012

Ciri Pemimpin Berkharisma


Hah, rasanya udah lama banget gw ga nulis lagi di blog ini. Yaa kesibukan sekolah ditambah kerja sambilan jadi ga ad waktu luang lagi akhir-akhir ini. Jadi dari lubuk hati yg paling dalam, gw mnta maaf atas karena udah jarang nulis di blog ini lagi :)

Oke pada artikel kali ini (dan artikel-artikel selanjutnya) gw bakal membahas tentang sosok pemimpin yang berkharisma.

Pasti kalian semua pernah liat sosok pemimpin yang yaaa bisa dibilang gak asik banget, tukang nyuruh2, udah gitu perintahnya gak jelas, dsb, tapi ada juga pemimpin yang kalo kita disuruh sama dia, kita bakal ngerjakannya dengan senang hati. Diperintah, tapi kok malah senang ? nah itu adalah salah satu indikasi bahwa anda telah takluk dengan kharismanya CMIIW.

Ciri-ciri pemimpin yang berkharisma :
1.    Dia diperhatikan
Saat sebuah rapat belum dimulai, kondisi ruang rapat benar-benar ribut dan sangat tidak kondusif. Namun begitu pemimpin rapat berdiri untuk segera memulai rapat, hampir 90% peserta rapat akan memperhatikannya. Padahal dia hanya berdiri, belum berbicara sepatah katapun !

2.       Orang yang berbicara dengannya akan merasa segan
Segan bukan berarti takut. Segan yang dimaksud adalah berusaha terlihat sempurna di depan orang lain. Jadi intinya kalau orang2 yang anda ajak berbicara terlihat takut melihat mata anda, kadang berbicaranya tidak lancar, terlihat grogi, maka itu adalah salah satu cirri bahwa dia telah takluk dengan kharisma yang anda miliki :)

3.       Bicaranya tenang dan terlihat menguasai pendengar
Kepemimpinan tidak pernah lepas dari komunikasi. Jadi seorang pemimpin yang berkharisma itu sudah pasti merupakan komunikator yang luar biasa. Berbicaranya tenang, tidak terburu2, dan inti dari perkataannya mudah untuk ditangkap. Kalau anda sudah bisa berbicara dengan rileks di depan orang2 yang anda pimpin, maka itu berarti anda sudah memiliki kharisma sebagai pemimpin.

4.       Memberikan saran yang tepat
Maksudnya, saran yang diberkian tidak selalu saran yang mind blowing tapi bisa berbentuk saran yang biasa biasa saja namun karena sesuai dengan situasi, maka akan terlihat kalau saran yang diberikan itu sangat luar biasa. Padahal sarannya tadi biasa2 saja :D

Dengan demikian, anda telah mengetahui ciri2 pemimpin yang berkharisma. Apakah itu anda ? Lalu bagaimana cara untuk menjadi pemimpin yang berkharisma itu ? Tunggu saja artikel saya berikutnya yang akan membahas tentang cara menjadi pemimpin yang berkharisma.