Google Translate

Minggu, 25 Agustus 2013

Datang Tepat Waktu Agar Dihargai

Datang tidak tepat waktu adalah hal yang biasa di Indonesia. Bahkan Indonesia memiliki kata khusus untuk menunjukkan keterlambatan ini, yaitu "ngaret". Bayangkan itu. Ada sebuah kata khusus untuk menggantikan kata terlambat. Setahu saya, hanya bahasa Indonesia lah yg demikian adanya.

Di Eropa, apabila anda terlambat 10 menit saja maka anda akan dimarahi dan anda harus minta maaf karena anda telah tidak sopan terhadap orang yg menunggu tersebut. Ini cukup masuk akal karena menurut saya apabila anda datang terlambat artinya anda tidak menghormati orang yg menunggu anda tsb.

Anda pasti pernah memiliki janji dengan seseorang untuk bertemu di suatu tempat jam 10 pagi tepat. Anda pun berusaha datang tepat waktu. Lalu anda datang ke tempat yg dijanjikan tsb tepat jam 10. Namun setelah lebih dari setengah jam, teman anda belum juga datang. Bagaimana perasaan anda ? Saya yakin anda pasti pernah merasa kesal walaupun lama-kelamaan anda akan merasa biasa saja karena sudah terbiasa dengan keadaan tersebut.

Alangkah baiknya kalau kita memiliki janji untuk bertemu dengan seseorang, kita telah tiba di lokasi 10 menit sebelum waktu yg dijanjikan, sehingga orang yang ingin bertemu dengan kita itu akan merasa dihargai dan dihormati.

Ingat, apabila anda datang terlambat dari waktu yang dijanjikan, artinya anda tidak menghormati orang lain. Dan bukankah cara untuk dihormati adalah dengan cara menghormati orang lain ? Dari hal ini bisa kita tarik kesimpulan. Apabila anda ingin dihormati, maka datanglah tepat waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar